APLIKASI KALKULATOR JAVA DENGAN NETBEANS BERBASIS GUI

APLIKASI KALKULATOR JAVA DENGAN NETBEANS BERBASIS GUI
Buatlah Class baru untuk aplikasi dengan java ini, dengan nama misalnya Aplikasi Kalkulator.java , klik kanan nama folder/project dan pilih JFrameForm.
Kemudian buat interface seperti ini dengan bantuan pallete (button, text area, dsb)
kalkulator java kalkulator java
Kemudian klik kanan text area dan masing-masing tombol dan beri nama.
1)Pastekan code dibawah
public class Aplikasi Kalkulator extends javax.swing.JFrame {
static double angka1 =0, angka2=0,angka3=0,angka4=0,angka5=0,angka6=0,angka7=0;
static int pilihan=0;
boolean plus,minus,kali, bagi;

2)Lalu klik tombol 1 (2 kali), copykan code di bawah
private void satuButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
Text.setText(Text.getText()+"1");
Klik tombol 2 (2 kali), copykan code di bawah
private void duaButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
Text.setText(Text.getText()+"2");

dan seterusnya untuk semua angka.

3)Klik tombol (=) 2 kali, copykan code di bawah
private void samadenganButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

switch(pilihan){
case 1:
angka2=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka2+angka1));
break;
case 2:
angka3=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka3-angka1));
break;
case 3:
angka4=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka1*angka4));
break;
case 4:
angka5=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka5/angka1));
break;
case 5:
angka7= angka6*angka1/100;
if(plus){
angka6=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka7+angka1));
}else if (minus){
angka6=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka7-angka1));
}else if (kali){
angka6=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka1*angka7));
} else if (bagi){
angka6=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka7/angka1));
}else{
}
break;
default:
Text.setText("");
}

4)Klik tombol (+) 2 kali, copykan code di bawah
private void plusButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
pilihan=1;
plus = true;
angka2=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText("");
5)Klik tombol (-) 2 kali, copykan code di bawah
private void minusButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
pilihan =2 ;
minus = true;
angka3=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText("");
6)Klik tombol (*) 2 kali, copykan code di bawah
private void kaliButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { pilihan = 3;
kali = true;
angka4=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText("");
7)Klik tombol (/) 2 kali, copykan code di bawah
private void bagiButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { pilihan = 4;
bagi = true;
angka5=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText("");
8)Klik tombol (C) 2 kali , copykan code di bawah
private void clearbuttonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { Text.setText("");
//untuk menghilangkan angka di text area.


9)Klik tombol (E), copykan code di bawah
private void exitButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { dispose() ;
//untuk keluar.

30 Komentar di Postingan "APLIKASI KALKULATOR JAVA DENGAN NETBEANS BERBASIS GUI"

  1. wah lumayan membingungkan ya.dulu saya juga pernah diajarkan buat aplikasi pakai vb. tp sulit sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coding harus dibiasakan supaya bisa, modalnya harus kuat dengkulnya duduk depan kompi.

      Delete
  2. kalo pake variable super gmana yha??

    ReplyDelete
  3. informasinya sangat bermanfaat gan,,

    ReplyDelete
  4. thanksssssssssssssssssssss!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  5. Salam, kami ingin mengajukan penawaran kerjasama berupa blog content tentang teknologi- tanpa biaya. Silahkan hubungi email kami untuk informasi lebih lanjut. Terimakasih. Kami tunggu kabarnya.

    ReplyDelete
  6. kebetulan nih :D
    Izin bookmark ya Gan ;D

    ReplyDelete
  7. gan bleh ksih link bwt download java nya ga?
    lmyan bngung nih mau downloadnya

    ReplyDelete
  8. pak saya kurang ngerti tolong minta penjelasannya terima kasih ....

    ReplyDelete
  9. Sebelumnya terimakasih sekali, saya dapet logikanya setelah baca artikel ini.
    setelah saya pelajari artikel ini terlalu rumit.
    maaf sebelumnya. sebenarnya codingnya bisa disederhanakan, bahkan sangat sederhana, yang bagian double cukup dua aja a dan b atau angka1 dan angka2.
    begitu juga dengan switch casenya terlalu rumit.
    saya rasa tidak perlu menggunakan if-else,
    saya sudah mempraktekkannya dan berjalan lancar...

    sekali lagi terimakasih dan maaf banget hehe
    salam kenal saya mahasiswa si semester 5 angkatan pertama yang lagi dapet tugas bikin kalkulator...

    berikut hasil koding saya

    UNTUK SWITCH-CASE
    switch(pilih){
    case 1:
    b=a;
    a=Double.parseDouble(tampil.getText());
    tampil.setText(Double.toString(b+a));
    break;
    case 2:
    b=a;
    a=Double.parseDouble(tampil.getText());
    tampil.setText(Double.toString(b-a));
    break;
    case 3:
    b=a;
    a=Double.parseDouble(tampil.getText());
    tampil.setText(Double.toString(b*a));
    break;
    case 4:
    b=a;
    a=Double.parseDouble(tampil.getText());
    tampil.setText(Double.toString(b/a));
    break;
    case 5:
    b=a;
    a=Double.parseDouble(tampil.getText());
    tampil.setText(Double.toString(Math.pow(b,a)));
    break;
    case 6:
    b=a;
    a=Double.parseDouble(tampil.getText());
    tampil.setText(Double.toString(Math.pow(b,(1/a))));
    break;
    default:
    tampil.setText("");
    }

    DAN UNTUK DI MASING MASING TOMBOL TAMBAH, KURANG, KALI, BAGI, AKAR, PANGKAT SEMUA SAMA TIDAK ADA PERBEDAAN SAMA SEKALI, SEPERTI DI BAWAH :

    pilih =1;
    b=a;
    a=Double.parseDouble(tampil.getText());
    tampil.setText("");

    pilih =2;
    b=a;
    a=Double.parseDouble(tampil.getText());
    tampil.setText("");

    dan seterusnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. fungsi case 5 dan 6 itu untuk apa gan? bisa diterangkan?
      dan kenapa menggunakan math.pow?

      Delete
    2. case 5 itu untuk tombol pangkat, case 6 untuk tombol akar, kalo ga salah :D

      tanya saja pada Jay_elsyakir di atas.

      kalo math.pow, dalam matematika power itu pangkat, jadi
      kalo 5 pangkat 2 = 25
      kalo 25 pangkat (1/2), berarti 25 akar 2 = 5

      Delete
  10. ko error iya???

    ReplyDelete
  11. maaf mau nanya, itu kalo rumus2 yang ada di case 5 jadinya fungsinya buat apa gan?
    mohon dijawab ya... :D

    ReplyDelete
  12. maaf gan mau nanya, itu rumus2 di case 5 jadinya berfungsi untuk apa? soalnya kalau di hapus pun tidak berpengaruh apa2...
    Mohon dijawab ya gan... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. case 5 sebetulnya ditujukan buat tombol persen(%), tapi logikanya masih salah, belum dibetulkan, jgn dipake dulu.

      Delete
  13. untuk koma nya bagai mana koding nya,.,.,

    ReplyDelete
  14. gan, itu seperti huruf B di kolom operator nya...
    coding nya yg mana?

    ReplyDelete

Untuk menyisipkan kode,gunakan tag
[code]KODE ANDA[/code]
Untuk menyisipkan quote,gunakan tag
[blockquote]KATA-KATA ANDA[/blockquote]
Untuk menyisipkan gambar,gunakan tag
[img]URL GAMBAR ANDA[/img]
Untuk menyisipkan video,gunakan tag
[youtube]URL VIDEO ANDA[/youtube]
Anda juga bisa menggunakan emoticon seperti biasa.

iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel