APLIKASI KALKULATOR JAVA DENGAN NETBEANS BERBASIS GUI
APLIKASI KALKULATOR JAVA DENGAN NETBEANS BERBASIS GUI
Buatlah Class baru untuk aplikasi dengan java ini, dengan nama misalnya Aplikasi Kalkulator.java , klik kanan nama folder/project dan pilih JFrameForm.
Kemudian buat interface seperti ini dengan bantuan pallete (button, text area, dsb)
Kemudian klik kanan text area dan masing-masing tombol dan beri nama.
1)Pastekan code dibawah
public class Aplikasi Kalkulator extends javax.swing.JFrame {
static double angka1 =0, angka2=0,angka3=0,angka4=0,angka5=0,angka6=0,angka7=0;
static int pilihan=0;
boolean plus,minus,kali, bagi;
2)Lalu klik tombol 1 (2 kali), copykan code di bawah
private void satuButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
Text.setText(Text.getText()+"1");
Klik tombol 2 (2 kali), copykan code di bawah
private void duaButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
Text.setText(Text.getText()+"2");
dan seterusnya untuk semua angka.
3)Klik tombol (=) 2 kali, copykan code di bawah
private void samadenganButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
switch(pilihan){
case 1:
angka2=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka2+angka1));
break;
case 2:
angka3=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka3-angka1));
break;
case 3:
angka4=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka1*angka4));
break;
case 4:
angka5=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka5/angka1));
break;
case 5:
angka7= angka6*angka1/100;
if(plus){
angka6=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka7+angka1));
}else if (minus){
angka6=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka7-angka1));
}else if (kali){
angka6=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka1*angka7));
} else if (bagi){
angka6=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka7/angka1));
}else{
}
break;
default:
Text.setText("");
}
4)Klik tombol (+) 2 kali, copykan code di bawah
private void plusButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
pilihan=1;
plus = true;
angka2=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText("");
5)Klik tombol (-) 2 kali, copykan code di bawah
private void minusButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
pilihan =2 ;
minus = true;
angka3=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText("");
6)Klik tombol (*) 2 kali, copykan code di bawah
private void kaliButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { pilihan = 3;
kali = true;
angka4=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText("");
7)Klik tombol (/) 2 kali, copykan code di bawah
private void bagiButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { pilihan = 4;
bagi = true;
angka5=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText("");
8)Klik tombol (C) 2 kali , copykan code di bawah
private void clearbuttonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { Text.setText("");
//untuk menghilangkan angka di text area.
9)Klik tombol (E), copykan code di bawah
private void exitButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { dispose() ;
//untuk keluar.
Buatlah Class baru untuk aplikasi dengan java ini, dengan nama misalnya Aplikasi Kalkulator.java , klik kanan nama folder/project dan pilih JFrameForm.
Kemudian buat interface seperti ini dengan bantuan pallete (button, text area, dsb)


Kemudian klik kanan text area dan masing-masing tombol dan beri nama.
1)Pastekan code dibawah
public class Aplikasi Kalkulator extends javax.swing.JFrame {
static double angka1 =0, angka2=0,angka3=0,angka4=0,angka5=0,angka6=0,angka7=0;
static int pilihan=0;
boolean plus,minus,kali, bagi;
2)Lalu klik tombol 1 (2 kali), copykan code di bawah
private void satuButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
Text.setText(Text.getText()+"1");
Klik tombol 2 (2 kali), copykan code di bawah
private void duaButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
Text.setText(Text.getText()+"2");
dan seterusnya untuk semua angka.
3)Klik tombol (=) 2 kali, copykan code di bawah
private void samadenganButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
switch(pilihan){
case 1:
angka2=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka2+angka1));
break;
case 2:
angka3=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka3-angka1));
break;
case 3:
angka4=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka1*angka4));
break;
case 4:
angka5=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka5/angka1));
break;
case 5:
angka7= angka6*angka1/100;
if(plus){
angka6=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka7+angka1));
}else if (minus){
angka6=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka7-angka1));
}else if (kali){
angka6=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka1*angka7));
} else if (bagi){
angka6=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka7/angka1));
}else{
}
break;
default:
Text.setText("");
}
4)Klik tombol (+) 2 kali, copykan code di bawah
private void plusButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
pilihan=1;
plus = true;
angka2=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText("");
5)Klik tombol (-) 2 kali, copykan code di bawah
private void minusButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
pilihan =2 ;
minus = true;
angka3=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText("");
6)Klik tombol (*) 2 kali, copykan code di bawah
private void kaliButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { pilihan = 3;
kali = true;
angka4=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText("");
7)Klik tombol (/) 2 kali, copykan code di bawah
private void bagiButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { pilihan = 4;
bagi = true;
angka5=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText("");
8)Klik tombol (C) 2 kali , copykan code di bawah
private void clearbuttonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { Text.setText("");
//untuk menghilangkan angka di text area.
9)Klik tombol (E), copykan code di bawah
private void exitButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { dispose() ;
//untuk keluar.
wah lumayan membingungkan ya.dulu saya juga pernah diajarkan buat aplikasi pakai vb. tp sulit sekali.
ReplyDeletecoding harus dibiasakan supaya bisa, modalnya harus kuat dengkulnya duduk depan kompi.
Deletekalo pake variable super gmana yha??
ReplyDeleteinformasinya sangat bermanfaat gan,,
ReplyDelete@Permathic
Deletethanks
thanksssssssssssssssssssss!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
ReplyDeletesama2
DeleteSalam, kami ingin mengajukan penawaran kerjasama berupa blog content tentang teknologi- tanpa biaya. Silahkan hubungi email kami untuk informasi lebih lanjut. Terimakasih. Kami tunggu kabarnya.
ReplyDeletealamat e-mailnya apa pak?
Deletemau coba ah... makasih
ReplyDeletesilahkan :)
Deletekebetulan nih :D
ReplyDeleteIzin bookmark ya Gan ;D
silahkan :)
ReplyDeletegan bleh ksih link bwt download java nya ga?
ReplyDeletelmyan bngung nih mau downloadnya
boleh aja
Deletepak saya kurang ngerti tolong minta penjelasannya terima kasih ....
ReplyDeletegak ngerti code yg mana??
DeleteSebelumnya terimakasih sekali, saya dapet logikanya setelah baca artikel ini.
ReplyDeletesetelah saya pelajari artikel ini terlalu rumit.
maaf sebelumnya. sebenarnya codingnya bisa disederhanakan, bahkan sangat sederhana, yang bagian double cukup dua aja a dan b atau angka1 dan angka2.
begitu juga dengan switch casenya terlalu rumit.
saya rasa tidak perlu menggunakan if-else,
saya sudah mempraktekkannya dan berjalan lancar...
sekali lagi terimakasih dan maaf banget hehe
salam kenal saya mahasiswa si semester 5 angkatan pertama yang lagi dapet tugas bikin kalkulator...
berikut hasil koding saya
UNTUK SWITCH-CASE
switch(pilih){
case 1:
b=a;
a=Double.parseDouble(tampil.getText());
tampil.setText(Double.toString(b+a));
break;
case 2:
b=a;
a=Double.parseDouble(tampil.getText());
tampil.setText(Double.toString(b-a));
break;
case 3:
b=a;
a=Double.parseDouble(tampil.getText());
tampil.setText(Double.toString(b*a));
break;
case 4:
b=a;
a=Double.parseDouble(tampil.getText());
tampil.setText(Double.toString(b/a));
break;
case 5:
b=a;
a=Double.parseDouble(tampil.getText());
tampil.setText(Double.toString(Math.pow(b,a)));
break;
case 6:
b=a;
a=Double.parseDouble(tampil.getText());
tampil.setText(Double.toString(Math.pow(b,(1/a))));
break;
default:
tampil.setText("");
}
DAN UNTUK DI MASING MASING TOMBOL TAMBAH, KURANG, KALI, BAGI, AKAR, PANGKAT SEMUA SAMA TIDAK ADA PERBEDAAN SAMA SEKALI, SEPERTI DI BAWAH :
pilih =1;
b=a;
a=Double.parseDouble(tampil.getText());
tampil.setText("");
pilih =2;
b=a;
a=Double.parseDouble(tampil.getText());
tampil.setText("");
dan seterusnya....
thanks for sharing :)
Deletefungsi case 5 dan 6 itu untuk apa gan? bisa diterangkan?
Deletedan kenapa menggunakan math.pow?
case 5 itu untuk tombol pangkat, case 6 untuk tombol akar, kalo ga salah :D
Deletetanya saja pada Jay_elsyakir di atas.
kalo math.pow, dalam matematika power itu pangkat, jadi
kalo 5 pangkat 2 = 25
kalo 25 pangkat (1/2), berarti 25 akar 2 = 5
ko error iya???
ReplyDeleteerror di mananya gan ???
Deletemaaf mau nanya, itu kalo rumus2 yang ada di case 5 jadinya fungsinya buat apa gan?
ReplyDeletemohon dijawab ya... :D
maaf gan mau nanya, itu rumus2 di case 5 jadinya berfungsi untuk apa? soalnya kalau di hapus pun tidak berpengaruh apa2...
ReplyDeleteMohon dijawab ya gan... :D
case 5 sebetulnya ditujukan buat tombol persen(%), tapi logikanya masih salah, belum dibetulkan, jgn dipake dulu.
Deleteuntuk koma nya bagai mana koding nya,.,.,
ReplyDeletebelum dicari kodenya gan :)
Deletemakasih.
ReplyDeletegan, itu seperti huruf B di kolom operator nya...
ReplyDeletecoding nya yg mana?