PROGRAM SEDERHANA JAVA DENGAN NETBEANS UNTUK MENGHITUNG LUAS SEGITIGA
PROGRAM SEDERHANA JAVA DENGAN NETBEANS UNTUK MENGHITUNG LUAS SEGITIGA
Bukalah Netbeans anda, Kemudian pilih File > new project > java application > beri nama pada project name, contohnya dengan nama Matematika.

Kemudian klik kanan pada nama project > new > Java Class, untuk membuat class baru dan beri nama class LuasSegitiga . Seperti ini

kemudian copikan source codenya ke class, seperti ini
import java.util.Scanner;
public class LuasSegitiga {
public static void main(String[] args){
Scanner input = new Scanner(System.in);
System.out.print("Masukkan nilai alasnya: ");
int alas = input.nextInt();
System.out.print("Masukkan nilai tingginya: ");
int tinggi = input.nextInt();
double luas = (double)(alas*tinggi)/2;
System.out.print("Jadi Luas Segitiga adalah :" +luas);
}
}
Kemudian tekan shift+f6 untuk mengeksekusinya.
Keterangan code:
pada
import java.util.Scanner;
Kita mengimport dari java untuk meminta angka atau kata yang bisa diinput oleh user.
Pada
System.out.print("Masukkan nilai alasnya: ");
int alas = input.nextInt();
Console akan mencetak "Masukkan nilai alasnya:", kita disuruh untuk memasukkan nilai yang menjadi nilai alas dan harus berupa integer (bilangan bulat), bukan desimal.
Pada
System.out.print("Masukkan nilai tingginya: ");
int tinggi = input.nextInt();
Console akan mencetak "Masukkan nilai tingginya:", kita disuruh untuk memasukkan nilai yang menjadi nilai tinggi dan harus berupa integer (bilangan bulat), bukan desimal.
Pada
double luas = (double)(alas*tinggi)/2;
System.out.print("Jadi Luas Segitiga adalah :" +luas);
Console akan memproses perhitungan luas segi tiga berdasarkan input dari user dan mencetak hasil dalam format desimal (double).
Bukalah Netbeans anda, Kemudian pilih File > new project > java application > beri nama pada project name, contohnya dengan nama Matematika.

Kemudian klik kanan pada nama project > new > Java Class, untuk membuat class baru dan beri nama class LuasSegitiga . Seperti ini

kemudian copikan source codenya ke class, seperti ini
import java.util.Scanner;
public class LuasSegitiga {
public static void main(String[] args){
Scanner input = new Scanner(System.in);
System.out.print("Masukkan nilai alasnya: ");
int alas = input.nextInt();
System.out.print("Masukkan nilai tingginya: ");
int tinggi = input.nextInt();
double luas = (double)(alas*tinggi)/2;
System.out.print("Jadi Luas Segitiga adalah :" +luas);
}
}
Kemudian tekan shift+f6 untuk mengeksekusinya.
Keterangan code:
pada
import java.util.Scanner;
Kita mengimport dari java untuk meminta angka atau kata yang bisa diinput oleh user.
Pada
System.out.print("Masukkan nilai alasnya: ");
int alas = input.nextInt();
Console akan mencetak "Masukkan nilai alasnya:", kita disuruh untuk memasukkan nilai yang menjadi nilai alas dan harus berupa integer (bilangan bulat), bukan desimal.
Pada
System.out.print("Masukkan nilai tingginya: ");
int tinggi = input.nextInt();
Console akan mencetak "Masukkan nilai tingginya:", kita disuruh untuk memasukkan nilai yang menjadi nilai tinggi dan harus berupa integer (bilangan bulat), bukan desimal.
Pada
double luas = (double)(alas*tinggi)/2;
System.out.print("Jadi Luas Segitiga adalah :" +luas);
Console akan memproses perhitungan luas segi tiga berdasarkan input dari user dan mencetak hasil dalam format desimal (double).
mw nny ne :
ReplyDeletedouble luas = (double)(alas*tinggi)/2;
(double) ny ne fungsi ny bt apa?
trims
double adalah tipe variabel yang bersifat desimal (bukan bilangan bulat), artinya kita bisa mendapatkan hasil dari (alas*tinggi)/2 dengan bentuk angka desimal,
Deletecontoh:
Masukkan nilai alasnya: 3
Masukkan nilai tingginya: 5
Jadi Luas Segitiga adalah : 7,5
kalau kita ganti (
kalau kita ganti
Deletedouble luas = (int)(alas*tinggi)/2;
maka hasilnya adalah
Masukkan nilai alasnya: 3
Masukkan nilai tingginya: 5
Jadi Luas Segitiga adalah : 7,0
7,5 berganti menjadi 7,0
Terimakasih.. Ijin Copas + Share ya Gan ?... :-)
ReplyDeletesilahkan :D
Deletejadi sebetulnya bahasanya g jauh beda ama Turbo PAscal yak?
ReplyDeletecuman java lebih professional lagi, lebih bagus,ama lebih cetar membahana
yg jelas, dengan JAVA, akan diajari cara memprogram yg baik
Deletetapi kalau kata saudaraku yang lagi kuliah di ITS paling gampang programming game android pake Eclipse, pake netbean itu Ribet. betul g sih?
ReplyDeletesaya belum pernah pake eclipse :(
DeleteGood, sangat membantu
ReplyDelete