CARA MUSUH MENGEJAR PEMAIN PADA GAME DENGAN ALGORITMA SEDERHANA

CARA MUSUH MENGEJAR PEMAIN PADA GAME DENGAN ALGORITMA SEDERHANA

Salah satu hal yang penting untuk membuat game yang menarik adalah tantangan. Salah satu tantangannya yaitu musuh yang dapat mengejar pemainnya, dan juga tantangan-tantangan yang lain. Dalam game Pacman misalnya, kita diberi tantangan berupa musuh yang bisa mengejar. Dalam game catur kita bisa bermain melawan komputer dan makin banyak saja game-game yang melibatkan komputer sebagai pemain bahkan dalam skala yang besar seperti pada game RTS dan game online.
Untuk menciptakan musuh yang dapat mengejar pemain, maka dibutuhkan apa yang disebut dengan AI, singkatan dari Artificial Intelligence atau dalam bahasa Indonesia disebut Kecerdasan Buatan. AI secara sederhana berarti kemampuan komputer untuk membuat pertimbangan dan mengambil keputusan. Pada game pacman misalnya, kita dapat melihat bahwa para hantu memiliki kemampuan untuk membuat pertimbangan dan mengambil keputusan tentang langkah mana yang harus diambil supaya tidak hanya bisa mengejar pacman tapi juga membuatnya terkepung. Walaupun kelihatan sederhana namun proses pembuatannya tidaklah sesederhana yang pernah kita bayangkan.
AI bukanlah sesuatu yang mudah untuk dipelajari dalam waktu sehari atau semalam.


Gambar ini adalah algoritma yang dibuat sederhana, bagaimana musuh dapat mengejar pemain, dalam bentuk diagram alur, yaitu :







Penjelasan alurnya sebagai berikut:
Pertama musuh akan mencari posisi pemain, dengan koordinat pemain adalah (Xpemain, Ypemain) dan koordinat musuh adalah (Xmusuh, Ymusuh). Bila posisi Xmusuh lebih besar dari Xpemain dan Ymusuh lebih besar dari Ypemain, maka Xmusuh dan Ymusuh selalu dikurangi 5 (angka ini boleh lebih besar bila ingin pergerakan musuh lebih cepat atau boleh dikurangi bila ingin pergerakan musuh lebih lambat). Bila posisi Xmusuh lebih kecil dari Xpemain dan Ymusuh lebih kecil dari Ypemain, maka Xmusuh dan Ymusuh selalu ditambah 5. Bila posisi Xmusuh lebih kecil dari Xpemain dan Ymusuh lebih besar dari Ypemain, maka Xmusuh selalu ditambah 5 dan Ymusuh dikurangi 5. Bila posisi Xmusuh lebih besar dari Xpemain dan Ymusuh lebih kecil dari Ypemain, maka Xmusuh selalu dikurangi 5 dan Ymusuh ditambah 5, dan seterusnya. Pada akhirnya apabila posisi Xmusuh sama dengan Xpemain dan Ymusuh sama dengan Ypemain, maka musuh akan mendapatkan pemain, dan permainanpun berakhir.

dan berikut adalah game-nya :

Klik start lalu gerakkan pemain (pacman) dg kursor panah (kanan-kiri-atas-bawah), maka musuh (hantu) akan mengikuti kemanapun pemain(pacman) pergi.

iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel