APLIKASI KALKULATOR JAVA DENGAN NETBEANS BERBASIS GUI

APLIKASI KALKULATOR JAVA DENGAN NETBEANS BERBASIS GUI
Buatlah Class baru untuk aplikasi dengan java ini, dengan nama misalnya Aplikasi Kalkulator.java , klik kanan nama folder/project dan pilih JFrameForm.
Kemudian buat interface seperti ini dengan bantuan pallete (button, text area, dsb)
kalkulator java
Kemudian klik kanan text area dan masing-masing tombol dan beri nama.
1)Pastekan code dibawah
public class Aplikasi Kalkulator extends javax.swing.JFrame {
static double angka1 =0, angka2=0,angka3=0,angka4=0,angka5=0,angka6=0,angka7=0;
static int pilihan=0;
boolean plus,minus,kali, bagi;

2)Lalu klik tombol 1 (2 kali), copykan code di bawah
private void satuButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
Text.setText(Text.getText()+"1");
Klik tombol 2 (2 kali), copykan code di bawah
private void duaButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
Text.setText(Text.getText()+"2");

dan seterusnya untuk semua angka.

3)Klik tombol (=) 2 kali, copykan code di bawah
private void samadenganButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {

switch(pilihan){
case 1:
angka2=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka2+angka1));
break;
case 2:
angka3=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka3-angka1));
break;
case 3:
angka4=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka1*angka4));
break;
case 4:
angka5=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka5/angka1));
break;
case 5:
angka7= angka6*angka1/100;
if(plus){
angka6=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka7+angka1));
}else if (minus){
angka6=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka7-angka1));
}else if (kali){
angka6=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka1*angka7));
} else if (bagi){
angka6=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText(Double.toString(angka7/angka1));
}else{
}
break;
default:
Text.setText("");
}

4)Klik tombol (+) 2 kali, copykan code di bawah
private void plusButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
pilihan=1;
plus = true;
angka2=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText("");
5)Klik tombol (-) 2 kali, copykan code di bawah
private void minusButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
pilihan =2 ;
minus = true;
angka3=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText("");
6)Klik tombol (*) 2 kali, copykan code di bawah
private void kaliButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { pilihan = 3;
kali = true;
angka4=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText("");
7)Klik tombol (/) 2 kali, copykan code di bawah
private void bagiButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { pilihan = 4;
bagi = true;
angka5=angka1;
angka1=Double.parseDouble(Text.getText());
Text.setText("");
8)Klik tombol (C) 2 kali , copykan code di bawah
private void clearbuttonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { Text.setText("");
//untuk menghilangkan angka di text area.


9)Klik tombol (E), copykan code di bawah
private void exitButtonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) { dispose() ;
//untuk keluar.

iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel